Wednesday, October 3, 2007

Bu, Sumbangannya...

beberapa hari yang lalu, sudah sering sih, data seorang atau beberapa orang yang berpakaian muslim (dengan baju koko) lengkap dengan kopiah putih atau warna lain. mereka meminta sumbangan dengan memberikan sejumlah brosur yang berisi informasi pembangunan pondok pesantren atau masjidbrosornya sudah di laminating dan terkesan sudah lama (banyak lipatannya). saya sendiri sih tidak begiturisih dengan brosur itu. ga masalah soal brosur. tapi kata ibu saya, untuk mintasumbangan di kampung-kampung, sang peminta harus dengan ijin RT atau pemimpin desa tersebut, lha..ini ga ada sama sekali. saya kira sang peminta sumbangan pasti tahu. jika benar-benar untuk sumbangan masjidpasti tidak segan untuk meminta ijin. saya berpikir ini jelas penipuan dengan modus untuk kepentingan umat muslim. sungguh saya tidak bisa menerima ini.tapi toh saya juga tidak berbuat apapun. saya sih tidak begitu masalah memberikan sejumlah uang (asal ada, he he )tapi mbok yang jangan begitu caranya, ada kan cara lain. perhatian saya orang-orang tersebut pasti mempunyai kesulitan ekonomi,sampai harus seperti itu. kesulitan seperti apa sih ?faktor apa saja.yang bisa ditelusuri faktor penyebabnya. negri kita kaya kok, tongkat kayu dan batu jadi tanaman (kangen deh sama lagu itu)tapi kok bisa begini (wah nanti bicara politik). yang jelas orang sampai pada wilayah agama untuk mencari uang pasti memiliki kesulitan yang luar biasa, sampai harus mengorbankan nilai-nilai agama. ayuk kita mulai benahi abad ini.



No comments: